Thursday, May 07, 2015

Wisata Mahameru

Banyak orang yang menyebut tempat wisata ini dengan sebutan Wisata Mahameru dikarenakan mahameru adalah puncak dari gunung semeru yang merupakan gunung tertinggi di pulau jawa. Gunung semeru atau biasa disebut semeru oleh warga lokal merupakan sebuah gunung berapi kerucut di Pulau Jawa. Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam dua kabupaten, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur, Indonesia dengan geografis antara 8°06' LS dan 120°55' BT.

Wisata Mahameru - Puncak Mahameru
Wisata Mahameru - Puncak Mahameru - From tsabitahalaa.files.wordpress.com/2013/10/puncak-mahameru.jpg

Wisata Mahameru merupakan bagian dari pariwisata yang ada di Indonesia bahkan merupakan bagian dari tujuan wisata internasional, takheran jika sewaktu-waktu banyak warga luar negeri yang mendaki gunung yang berada pada ketinggian  3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini. terlebih ketika hari kemerdekan indonesia yakni pada tanggal 17 Agustus Wisata Mahameru akan di padati oleh para pendaki baik itu pendaki dalam negeri maupun pendaki manca negara.

Tempat wisata ini merupakan tempat wisata pendakian gunung dengan fasilitas terbaik, artinya meskipun gunung semeru merupakan gunung tertinggi dipulau jawa akan tetapi jalur pendakian menuju puncaknya ( puncak mahameru ) tegolong mudah. itulah penyebab kenapa Wisata Mahameru tidak memandang laki-laki ataupun perempuan. semuanya bisa.

Diperlukan waktu sekitar empat hari untuk mendaki puncak mahameru pergi-pulang. sedangkan Iklim di wilayah gunung semeru secara umum termasuk iklim dengan type B (Schmidt dan Ferguson) dengan curah hujan 927 mm - 5.498 mm per tahun dengan jumlah hari hujan 136 hari/tahun dan musim hujan jatuh pada bulan November - April. Suhu udara di puncak mahameru atau tempat Wisata Mahameru berkisar antara 0 - 4 derajat celsius. Suhu rata-rata berkisar antara 3°c - 8°c pada malam dan dini hari, sedangkan pada siang hari berkisar antara 15°c - 21°c. Kadang-kadang pada beberapa daerah terjadi hujan salju kecil yang terjadi pada saat perubahan musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya. Suhu yang dingin disepanjang rute perjalanan ini bukan semata-mata disebabkan oleh udara diam tetapi didukung oleh kencangnya angin yang berhembus ke daerah ini menyebabkan udara semakin dingin.


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Dukung dan beri motifasi melalui komentar